Cara mengobati keputihan dengan Kemuning

Cara mengobati kepitihan dengan Kemuning
Cara mengobati keputihan dengan Kemuning. Kemuning biasa tumbuh liar di semak belukar, tepi hutan, atau ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Kemuning dapat ditemukan sampai ketinggian ± 400 m dpl. Variasi morfologi besar sekali. Yang biasa ditanam untuk memagari pekarangan, biasanya jenis yang berdaun kecil dan lebat. Semak atau pohon kecil, bercabang banyak, tinggi 3 - 8 m, batangnya keras, beralur, tidak berduri.


Daun majemuk, bersirip ganjil dengan anak daun 3 - 9,. letak berseling. Helaian anak daun bertangkai, bentuk bulat telur sungsang atau jorong, ujung dan pangkal runcing, tepi rata atau agak beringgit, panjang 2 - 7 cm, lebar 1 - 3 cm, permukaan licin, mengilap, wamanya hijau, bila diremas tidak berbau. Bunga majemuk berbentuk tandan, 1 - 8, warnanya putih, wangi, keluar dari ketiak daun atau ujung ranting. Buah buni berdaging, bulat telur atau bulat memanjang, panjang 8 - 12 mm, masih muda hijau setelah tua merah mengilap, berbiji dua. 

KANDUNGAN KIMIA : Daun kemuning mengandung cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, P-earyophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl-salicylate, s-guaiazulene, osthole, paniculatin, tanin, dan coumurrayin. Kulit batang mengandung mexotioin, 5-7-dimethoxy-8- (2,3-dihydroxyisopentyl) coumarin. Sedangkan bunga kemuning mengandung scopeletin, dan buahnya mengandung semi-ec-carotenone. Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian : 1. Infus daun kemuning dengan dosis 1.000 mg serbuk/kg bb mencit albino pada percobaan analgesik dengan bahan pembanding asetosal 52 mg/kg bb, memberikan efek analgesik (Pudjiastuti, dkk., Cermin Dunia Kedokteran No.59, 1989). 2. Infus daun kemuning dengan dosis 210 mg, 420 mg dan 840 mgl 200 g bb diberikan per oral pada tikus sesaat sebelum penyuntikkan 0,2 ml larutan karagenin 1 % dalam NACI fisiologis secara subplantar (zat pembuat udern buatan). Pada infus daun kemuning dengan dosis 840 mg/200 g bb menunjukkan efek anti-inflamasi mendekati natrium diklofenak dengan dosis 8 mg/200 g bb yang digunakan sebagai pembanding (Farida Ibrahim, Jubeini, Katrin, Rosrini, Jurusan Farmasi FMIPA Ul - warta Perhipba No.Lllll, Jan-Maret 1995). 3. Infus daun kemuning 10%, 20%, 30%, 40% sebanyak 0,5 ml pada mencit dapat menurunkan berat badan secara bermakna (Ika Murni Sugiarti, Jurusan Biologi FMIPA UNAIR, 1990).

Dari kandungan yang terdapat dalam kemuning tersebut bisa mengobati keputihan, berikut resep obat keputihan dengan pemanfaat dari kandungan Kemuning:

  • Cuci bersih 30 g daun kemuning kering  
  • 80 g daun lidah buaya (Aloe Vera) yang sudah dikupas kulitnya, 
  • Lalu tambahkan gula aren (Arenga pinnata Merr.) secukupnya. 
  • Rebus dalam 600 ml air sampai tersisa 300 ml. 
  • Setelah dingin, saring air rebusannya, 
  • Minum tiga kali sehari masing-masing 100 ml.

Khasiat Lain Dari Daun kemuning

Daun kemuning memiliki beberapa sebutan yang berbeda disetiap daerahnya, seperti kumuning (jawa), kamuning, jenar (sunda), kemoning, kajeni (bali), kamoneng (Madura), dan kamunieng (minangkabau). Daun kemuning memiliki rasa yang pedas, pahit dan bersifat hangat. Secara kimia daun kemuning mengandung methyl anthranilat, geraniol, osthol, peniculatin, ourmurayyin, bisabolene, dan cedinene. Selain kandungan tersebut, daun kemuning juga memiliki efek bersifat anastesia (mematikan rasa), antiradang (anti-inflamasi), sedative (penenang), antirematik, antiswelling (penghilang bengkak) dan antitiroida. Selain beberapa kandungan yang terdapat pada daun kemuning, juga memiliki beberapa khasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti:
  1. Berkhasiat untuk mengobati batu ginjal, caranya dengan meminum jus daun kemuning yang sebelumnya sudah disaring. 
  2. Berkhasiat untuk menyembuhkan bisul, caranya dengan mencampurkan daun kemuning dengan cocor bebek, lalu rebus dan saring sebelum akan dikonsumsi. 
  3. Berkhasiat untuk melancarkan siklus haid, caranya dengan merebus bagian akar kemuning yang sudah dikeringkan dengan dicampur daun dewa, lalu saring sebelum di minum. 
  4. Berkhasiat untuk mengobati penyakit eksim, caranya dengan merebus daun serat batang kemuning, kemudian cuci bagian tubuh yang terkena eksim dengan air rebusannya. 
  5. Berkhasiat untuk mengobati keseleo, caranya dengan menempelkan daun yang sebelumnya sudah direbus, usahakan masih dalam keadaan hangat. 
  6. Selain khasiat tersebut, daun kemuning juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit kulit, menghaluskan kulit, mencegah keputihan bagi wanita, mencegah obesitas, mengobati radang pada buah zakar, mengobati sakit pinggang dan rematik.

0 Response to "Cara mengobati keputihan dengan Kemuning"

Post a Comment