Kaki Sering Kesemutan? Waspada!! Mungkin anda Mengidap salah satu Penyakit ini!!

Pasti semua di antara kita pernah mengalami yang namanya kesemutan, dan biasanya sering terjadi pada bagian kaki. Kaki kesemutan dalam dunia medis disebut sebagai Aresthesia. Aresthesia sendiri menurut definisi medis adalah sensasi seperti digelitik, ditusuk-tusuk dan kadang disertai rasa kebas ataupun seperti kerubungi semut, maka dari itu sering disebut "kesemutan".

Paresthesia dapat terjadi karena transport axon (bagian dalam serabut saraf) terganggu sehingga nutrisi dari saraf pun ikut terganggu. Tahukan Anda? Menurut penelitian baru-baru ini kaki kesemutan adalah salah satu ciri atau gejala terjadinya penyakit jantung. Akan tetapi belum ada riset lebih lanjut dan penelitian yang lebih dalam terhadap hal tersebut.

Kaki Sering Kesemutan? Waspada!! Mungkin anda Mengidap salah satu Penyakit ini!!
Ilustrasi kaki kesemutan © shutterstock
Untuk itu penulis mencoba merangkum beberapa penyakit yang dikatakan mungkin terjadi pada anda, jika anda pernah mengalami kesemutan (khususnya pada seseorang yang sangat sering mengalami kesemutan) memungkinkan untuk mengidap salah satu penyakit dibawah ini :

1. Stroke
Ternyata kaki kesemutan bisa di jadikan sebagai indikasi anda mengalami stroke. Hal itu dapat saja terjadi karena salah satu faktor terjadinya stroke adalah terganggunya saraf anda, sedangkan kaki kesemutan juga terjadi karena terganggunya saraf anda.

2. Jantung
Penyakit jantung juga terjadi karena adanya komplikasi pada jantung dan sarafnya. Lagi-lagi saraf sangat berpengaruh terhadap beberapa penyakit. Biasanya terjadi sumbatan darah di otak tepat pada bagian sensorik, dan bila itu terjadi penderita akan merasakan kaki kesemutan pada salah satunya.

3. Rematik
Rematik juga dapat terjadi dengan kaki kesemutan sebagai indikasinya. Karena rematik terjadi karena ada faktor saraf juga. Jika anda mengalami ini, anda tidak perlu khawatir, jika rematik anda hilang otomatis kesemutan anda juga akan hilang.

4. Diabetes (Kencing Manis)
Pada penderita diabetes, kesemutan adalah salah satu gejala terjadinya kerusakan pada pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang. Biasanya gejala yang dirasakan seperti rasa nyeri dan terasa menusuk-nusuk pada bagian kaki. Baca juga : Apa Itu Penyakit Diabetes Inspidus? Berbahayakah Bagi Tubuh?

Itulah beberapa penyakit yang mungkin dapat anda alami jika sering mengalami kaki kesemutan. Untuk menghindari terjadi itu semua, usahakan untuk menjalankan pola hidup sehat yang benar agar anda hidup sehat dan terhindar berbagai macam penyakit di atas.

0 Response to "Kaki Sering Kesemutan? Waspada!! Mungkin anda Mengidap salah satu Penyakit ini!!"

Post a Comment