Tips Kehamilan pada Trimester Pertama

Kehamilan trimester pertama dimulai pada minggu ke-12. Pada masa tersebut, mulai terbentuk cikal bakal keseluruhan sistem tubuh si bayi. Rangka tubuh janin juga telah terbentuk pada masa trimester pertama. Meski belum sempurna, seluruh organ tubuh sudah mulai bekerja.

Perubahan hormonal pada ibu hamil di trimester pertama ini kerapkali menyebabkan perubahan fisik dan psikis. Maka tak heran bila ibu hamil sering merasa tidak nyaman. Bahkan, tidak sedikit pula yang mengalami mual, muntah, dan pusing.

Oleh sebab itulah, Anda sebagai ibu hamil sudah sepatutnya melakukan penyesuaian diri. Dalam artian, ibu hamil sudah mempersiapkan diri sebelum terjadi perubahan pada tubuhnya. Bagaimana caranya? Cukup mudah. Supaya lebih jelas silakan simak ulasan tentang tips kehamilan trimester pertama di bawah ini.
Tips Kehamilan Trimester Pertama
Kehamilan Trimester Pertama
Kehamilan pada trimester pertama membuat ibu hamil merasa lebih letih ketimbang hari-hari sebelumnya. Sebab, hormon progesteron dalam tubuh meningkat dan menimbulkan rasa kantuk secara alami. Hal inilah yang seringkali membuat ibu hamil mudah letih ketika beraktivitas.

Solusinya, segera kurangi kesibukan Anda dan hindari berbagai aktivitas yang melelahkan. Jangan memikirkan pekerjaan yang tidak bisa Anda kerjakan. Disarankan untuk bisa tidur siang setiap harinya. Namun yang terpenting, ketika Anda sudah mulai letih, segera istirahat yang cukup.

Bersantai Disela-sela Kesibukan

Bersantai adalah solusi selanjutnya untuk menyiasati kehamilan trimester pertama. Sehari penuh melakukan aktivitas penyesuaian perubahan tubuh ternyata berdampak pada segi psikis. Terkadang, emosi Anda akan mulai sulit dikendalikan.

Cara mengatasinya adalah bersantai. Ya, lakukanlah hal-hal yang menurut Anda menyenangkan. Anda bisa menonton film komedi atau mendengarkan musik psikologi. Nikmati dan bersantailah. Sebab, ketegangan dan stres yang berkepanjangan justru berakibat buruk terhadap janin.
Mulailah aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, seperti berolahraga dengan rutin. Namun sebelum itu, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter olahraga apa yang cocok untuk kondisi Anda. Anda bisa mencoba senam yoga untuk menguatkan janin anda.

Kebanyakan ibu hamil pada trimester pertama memilih berolahraga ringan seperti  jalan sehat. Olahraga jalan sehat akan sangat bagus untuk sirkulasi udara dalam tubuh. Pun, jalan sehat juga akan membantu mengendalikan emosi atau mood yang kadang naik turun.

Cermat dalam Mengonsumsi Makanan

Anda perlu mencermati apakah makanan yang selama ini Anda konsumsi mengandung gizi yang cukup. Mengapa demikian? Sebab, pada kehamilan trimester pertama membutuhkan banyak gizi untuk menunjang pembentukan organ dalam janin.

Sebagai contoh, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak omega 3 & 6, karena kandungan tersebut memiliki efek baik terhadap pembentukan saraf dan jaringan otak. Selain itu, Anda juga dianjurkan mengonsumsi bubur kacang hijau dan lasagna untuk energi tambahan.

Itulah ulasan singkat tentang tips kehamilan trimester pertama. Semoga Anda bisa melalui masa-masa ibu hamil dengan sehat dan lancar.

Jangan lupa baca artikel ini setelah melahirkan "5 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dengan Senam Yoga".

0 Response to "Tips Kehamilan pada Trimester Pertama"

Post a Comment