Makanan Sehat yang Baik Bagi Ibu Hamil Tua Maupun Hamil Muda

Makanan sehat untuk ibu hamil adalah hal penting yang harus diperhatikan. Terlebih apabila usia kandungan masih menginjak 1-2 bulan. Mengapa demikian? Karena, di saat-saat itulah janin mulai tumbuh dan membutuhkan nutrisi agar bisa berkembang dengan baik.

Namun, kini banyak mitos kesehatan tentang makanan sehat tersebut, dan anehnya lagi dipercaya oleh banyak ibu di Indonesia. Bahwa ibu hamil harus mengonsumsi makanan 2 kali lebih banyak. Benarkah pernyataan tersebut? Jawabannya adalah salah. Sebenarnya, bukan 2 kali lebih banyak, tetapi 2 kali lebih bergizi.

Apabila ibu hamil makan berlebihan, maka kalori dalam tubuh juga akan meningkat. Walhasil, kegemukan pun tidak terelakkan. Ibu hamil yang gemuk belum tentu melahirkan anak yang gemuk pula. Akhirnya, Anda akan kesulitan menurunkan berat badan usai melahirkan nanti.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh ibu hamil? Cukup mudah, rutinlah mengonsumsi makanan bergizi sesuai dengan tahap pertumbuhan janin. Hal ini dilakukan agar asupan gizi ibu hamil bisa tepat sasaran. Berikut adalah makanan sehat untuk ibu hamil:

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Dibawah ini ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang perlu anda ketahui, silahkan disimak baik-baik.

Telur

Telur memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk ibu hamil. Telur mengandung 12 vitamin dan mineral, serta protein kualitas. Protein sangat dibutuhkan oleh janin untuk pembentukan sel tubuh. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang bermanfaat untuk pertumbuhan bayi sekaligus kesehatan otak. Kolin juga dipercaya mampu mencegah cacat tabung saraf.

Kacang-kacangan

Kandungan serat dan protein dalam kacang-kacangan bermanfaat untuk mencegah sembelit dan wasir. Ya, wanita hamil sangat rentan dengan penyakit ini. Oleh sebab itu, konsumsilah kacang-kacangan seperti buncis di menu makanan Anda setiap hari. Sebagai tambahan, kacang-kacangan terutama pada bijinya mengandung banyak zat besi dan kalsium.

Sayuran Daun Hijau Tua

Sayur-sayuran sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan ibu hamil. Khususnya sayuran daun berwarna hijau tua, seperti bayam dan brokoli. Sayur-sayuran daun tersebut mengandung banyak vitamin A, C, K, dan juga folat. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, sayuran daun berwarna hijau tua juga baik untuk kesehatan mata.

Daging Tak Berlemak

Daging merupakan sumber protein yang paling baik. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih daging. Disarankan untuk membeli daging tanpa lemak. Dengan begitu, gizi protein akan mudah terserap oleh tubuh tanpa harus khawatir dengan bahaya kandungan lemak.

Buah dan Sayuran Berwarna-warni

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna-warni juga bagus untuk ibu hamil. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur berwarna hijau, ungu, oranye, merah, dan kuning. Setiap kelompok buah dan sayur berwarna-warni tersebut mengandung gizi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

Demikianlah beberapa informasi tentang makanan sehat untuk ibu hamil. Di atas hanya beberapa yang penulis rangkum, karena memang makanan di atas cukup mudah didapat. Anda bisa memvariasikan makanan bergizi sesuai selera.

0 Response to "Makanan Sehat yang Baik Bagi Ibu Hamil Tua Maupun Hamil Muda"

Post a Comment